Diduga Bocah 10 Tahun di Bekasi Terjangkit Hepatitis

BEKASI, bacaklik.co.id – ┬áKepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi Tanti Rohillawati angkat bicara terkait seorang bocah berumur 10 tahun diduga terjangkit hepatitis misterius.

Dilaporkan bahwa ada kasus atau pasien yang dirawat di Hermina, di mana per tanggal 7 bulan 5 dilaporkan kepada Dinkes, dan pasien tersebut juga sudah di rujuk ke RSCM.

“Nah ini termasuk pasien atau kasus yang memang diduga, kami tidak memastikan bahwa itu adalah hepatitis, tapi baru diduga,” ucap Tanti, pada Rabu (11/5/2022), dikutip detik.com

Menurut Tanti, pasien tersebut memang mengalami gejala-gejala seperti hepatitis. Walau demikian, pihaknya masih menunggu hasil laporan dari komite ahli.

“Saat ini yang dilaporkan ini secara umum saja, tapi memang agak sedikit menjurus kepada ini (hepatitis), meskipun kita tidak bisa memastikan, untuk penegakan diagnosa bukan kita,” tuturnya.

Walau demikian, kata Tanti, pihaknya akan tetap mengawasi pasien tersebut melalui bidang pencegahan dan pengendalian penyakit (P2P).

Sementara itu, dalam waktu dekat ini, ia dan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi akan mengundang dokter spesialis anak untuk meminta saran mengantisipasi kasus hepatitis tersebut.

“Saya sudah menugaskan kabid P2P untuk memantau hal tersebut, dalam jangka waktu dekat dinas kesehatan mau mengundang dokter spesialis anak untuk mendapatkan masukan-masukan apa langkah-langkah yang harus diantisipasi oleh pemerintah Kota Bekasi, terkait dengan sedang tren kasus hepatitis ini,” ucapnya.

Tanti menyebutkan hingga saat ini belum ada warga Kota Bekasi yang terkena hepatitis tersebut. (Red).