Hobi Jadi Cuan, Arif Tekuni Pelihara Ikan Koi  

KARAWANG, bacaklik.co.id – Salah satu ikan hias yang kerap dijadikan peliharaan adalah ikan koi. Ikan tersebut terkenal akan keindahannya karena memiliki beragam corak yang berbeda.

Ikan koi sering dijumpai diberbagai tempat. Terlepas dari itu, ikan koi juga bisa menjadi kesenangan tersendiri bagi para penghobi karena pola warnanya yang bermacam-macam, salah satunya seperti yang dirasakan oleh Arif Kurniawan.

Pria asal Jawa Timur  yang kini tinggal di Karawang mempunyai kolam minimalis didepan rumahnya, Dengan mempercantik rumah yang dia punya tersebut maka dipilihlah ikan koi sebagai hewan peliharaan dan hanya sebagai penghobi saja.

“Awalnya hanya sebagai khiasan saja untuk percantik rumah saja, ikan koi saya suka pada pola warnanya yang putih, merah dan hitam kayaknya enak dilihat, kesannya tegas gitu, jadi saya suka,” kata Arif Kurniawan saat ditemui dirumahnya, pada Senin (23/05/2022)

Dia mengaku, hobi memelihara ikan koi belum lama, baru 2 tahun, kini ikan koi yang dia pelihara dari kecil tersebut bisa berkembang sampai saat ini, bahkan ia mengaku bila dijumlahkan dengan rupiah ada ratusan juta.

“Hobi ini penambah rejeki ini yang saya katakan, lumayan lah mas bila kita diukur dengan rupiah bisa tembus ratusan juta, variasi sih di mulai dari 500 ribu hingga puluhan juta, kalau ditaksir bisa ratusan juta,” kata Arif.

Arif yang juga sebagai buruh dipabrik, selain bisa merasa diuntungkan karena bisa menambah teman dari sesama penghobi ikan koi yang tergabung di Bashoka salah satu komunitas pecinta dan penghobi Ikan koi.

“Selain bisa meraup untung di ekonomi, saya juga bisa menambah keuntungan bisa bersilaturahmi dengan para penghobi ikan koi di dalam maupun daerah karawang,” ujarnya.

Sementara itu Serma Roni Heryana salah satu anggota TNI AD Kodim 0604/Karawang yang juga penghobi ikan koi mengatakan selain memiliki beberapa manfaat ikan koi juga bisa membawa keberuntungan.

“Memelihara ikan koi banyak manfaatnya, selain jadi media untuk penenang diri ikan koi juga katanya sih dapat membawa keberuntungan, kekayaan, dan kemakmuran,”ujarnya.

Masih kata Serma Roni Heryana dengan melihat ikan dikolam bisa menenangkan dan dengan mengamati dan menikmati keindahan ikan jiwa merasa tenang.

“Kita bisa merasakan kedamaian. Pola yang tergambar di permukaan air karena gerakan ikan, suara percikan dan warna cerahnya, yang jelas kita bisa dekat dengan alam,”pungkasnya.

Penulis : Rohendi