Telah Mulai Masa Kampanye, Menkominfo Ingatkan Hindari Hoaks

Foto : Budi Arie Setiadi selaku Menteri Komunikasi dan Informatika (Doc-Viva.co.id)

Jakarta, Bacaklik.co.id – Pada hari Selasa (28/11/2023), telah mulai masa kampanye Pemilihan Umum (Pemilu). Sebab itu, Budi Arie Setiadi selaku Menteri Komunikasi dan Informatika mengingatkan, kepada seluruh pihak untuk menghindari isu atau informasi hoaks.

“Masa kampanye Pemilu 2024 resmi dimulai, namun sepanjang November 2023 saja sudah beredar 39 isu hoaks terkait pemilu. Berarti, lebih dari satu isu hoaks pemilu beredar setiap harinya,” kata Menkominfo dalam konferensi pers di Kantor Kemkominfo Jakarta.

Budi menuturkan lebih lanjut, sejak 17 Juli hingga 26 November 2023, pihaknya sudah menemukan 96 isu hoaks mengenai Pemilu. Puluhan isu itu tersebar di 355 konten pada berbagai platform.

“Kami sudah berhasil melakukan takedown (menurunkan) 290 konten. Sedangkan 65 konten lainnya masih dalam proses,” ujarnya.

Selain hoaks, terdapat pula ujaran kebencian akibat adanya perbedaan pilihan di ruang digital. Menurutnya kondisi ini harus menjadi perhatian bersama agar persatuan bangsa tetap terjaga.

Editor : Rachma