Guna Menekan Angka Stunting, Dinas Kelautan dan Perikanan Karawang Sosialisasikan Makan Ikan

Foto Istimewa

Karawang, Bacaklik.co.id – Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Karawang, lakukan  kegiatan sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang makan ikan.

Gerakan memasyarakatkan makan ikan (GEMARIKAN) adalah gerakan moral yang disosialisasikan Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang untuk memotivasi warga masyarakatnya untuk mengkonsumsi ikan secara teratur dalam jumlah diisyaratkan bagi kesehatan, sehingga terbentuk masyarakat terutama anak-anak yang sehat, kuat dan cerdas.

Selain juga bentuk upaya mencegah dan menekan angka stunting, karena Ikan merupakan sumber makanan bergizi tinggi dan mengandung Omega-3 untuk perkembangan otak anak.  Selain itu mengandung protein, vitamin, mineral, serta memiliki kandungan kolesterol rendah.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Karawang, Ade Sudiana menyampaikan, tujuan dari kegiatan sosialisasi ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang makan ikan.

“Manfaat makan ikan besar sekali, selain juga bentuk upaya mencegah dan menekan angka stunting, menjadikan anak-anak yang sehat, kuat dan cerdas, juga diharapkan  adanya peningkatan  angka konsumsi ikan di Kabupaten Karawang,” kata Ade, dalam kegiatan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Makan Ikan ( GEMARIKAN ) untuk cegah stunting Dalam Rangka Hari Ikan Nasional, di Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Karawang, Kamis (30/11/2023).

Sementara itu, Plt Bupati Karawang, Aep Saepulloh mengatakan kegiatan GEMARIKAN ini jangan hanya sebatas seremonial saja, namun harus mempunyai dampak kepada masyarakat.

“Kita memiliki potensi Ikan yang sangat banyak sekali. Saya berharap dengan gemar mengkonsumsi ikan, kita bisa bantu anak-anak keluar dari stunting, karena makan ikan menjadikan anak anak kita sehat , kuat dan cerdas. Mudah -mudahan melalui kegiatan sosialisasi ini bisa memberikan dampak baru bagi Kabupaten Karawang,” pungkasnya.***