Cegah Terjadinya Banjir, Kodim 0605/Subang Terus Lakukan Pembersihan Sampah Dibeberapa Pasar

Foto Istimewa

Subang, Bacaklik.co.id – Kodim 0605/Subang lakukan pembersihan sungai dan penanaman pohon, untuk mencegah terjadinya banjir di tengah curah hujan yang meningkat di wilayah Kabupaten Subang.

Hal ini tentunya, Kodim 0605/Subang kembali menggelar kegiatan kerja bakti pembersihan sampah di beberapa titik di Pasar yang ada di Kabupaten Subang, pada Minggu (03/12/2023).

Dandim 0605/Subang, Letkol. Inf. Bambang Raditya, M.Han., saat ditemui awak media disela kesibukannya melaksanakan kegiatan patroli dalam rangka Pengamanan Pilkades serentak Kabupaten Subang tahun 2023, mengatakan bahwa pada kegiatan kerja bakti tersebut di gelar di beberapa pasar yang ada di Kabupaten Subang. Hal ini dilakukan agar tidak adanya genangan air serta meminimalisr adanya penyakit di saat musim penghujan saat ini.

“Ada beberapa pasar tradisional yang kami laksanakan pembersihan, diantaranya pasar impress Pamanukan, Pasar Pusakajaya dan Pasar Purwadadi,” ujarnya.

Sementara itu, Letkol. Inf. Bambang Raditya juga menambahkan bahwa, kerja bakti pembersihan pasar dilakukan untuk mencegah agar sampah tidak terseret air hujan masuk ke parit dan mengakibatkan penyumbatan sehingga terjadi banjir.

“Kegiatan ini membawa pesan khusus dalam memberikan edukasi terhadap masyarakat baik pengunjung maupun pedagang pasar agar lebih peduli lagi terhadap kesehatan lingkungan,” ungkapnya.

Dandim 0605/Subang juga meminta kepada seluruh warga atau pedagang di pasar agar jangan membuang sampah sembarang di dalam kompleks pasar, hal tersebut demi kenyamanan dan keindahan lingkungan pasar.

“Baik Pedagang maupun pengunjung harus bertanggung jawab atas kebersihan pasar. Demi kenyamanan serta keindahan lingkungan pasar dan dengan adanya kegiatan pembersihan yang diselenggarakan oleh Kodim 0605/Subang bersama seluruh elemen masyarakat sekitar pasar ini,” paparnya.

pihaknya akan menjadikan momentum kecil dalam mendorong masyarakat untuk memiliki pola hidup sehat dan bersih dengan menghindari penumpukan sampah.

Penulis : Rohman