Satgas Citarum Harum Sektor 18 Monitoring dan Cek Saluran Limbah PT Adyawinsa Plastics Industries

Foto Istimewa

Karawang, Bacaklik.co.id – Satgas Sektor 18  Citarum Harum  terus gencar melakukan pengecekan pada perusahaan atau pabrik di Sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum yang berada di wilayah Sektor 18.

Pengecehekan dengan berpedoman pada Perpres nomor 15 Tahun 2018 Tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan di Daerah Aliran Sungai Citarum.

Hal itu guna memastikan keseriusan pelaku Usaha dalam mematuhi aturan lingkungan dalam hal pengelolaan limbah industri, terutama limbah cair yang dibuang ke aliran Sungai.

Seperti yang dilakukan oleh jajaran Sektor18 Satgas Citarum Harum Subsektor 3 terhadap PT Adyawinsa Plastics Industries  yang terletak di Desa Kutamekar  Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang, pada Sabtu (2/11/2023).

Dalam pengecekan dan monitoring kali Ini, dikatakan oleh Dansub 3 Serma Sukemi bahwa dari perusahaan tersebut memiliki ipal dan sesuai standarisasi baku mutu dalam proses pengolahan limbah industri.

“Setelah dilakukan pengecekan berkali – kali, limbah cair tersebut di olah menggunakan ipal yang terus di awasi oleh tim ahli dari perusahaan maupun di awasi oleh Satgas Citarum Harum Sektor 18,” katanya.

Ditambahkannya, “Apabila di temukan hal-hal yang menonjol Satgas Citarum Harum Sektor 18 akan memberikan teguran agar perusahaan selalu memberikan dampak positif bagi lingkungan dan sungai Citarum,” tegasnya.

Diakahir statmennya, Serma Sukemi mengarahkan untuk pengolahan limbah cairnya itu untuk ditingkatkan kembali meskipun tidak ada hal yang menonjol.

“Kita tetap memberikan arahan dan agar perusahan  ini tidak ada sesuatu ataupun temuan yang mengakibatkan catatan kurang baik,” pungkasnya.

Penulis : Rohendi