Dispemdes Subang Buka Pelaporan Sengketa Pilkades Serentak 2023 & Pelantikan Setelah Masa Jabatan Bupati Selesai

Subang, Bacaklik.co.id – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2023 di 22 Desa Kabupaten Subang telah sukses dilaksanakan dan dari total 79 Calon Kepala Desa (Cakades) yang berpartisipasi dari 22 di antaranya berhasil memperoleh perolehan suara terbanyak. Senin, (04/12/23).

Kepala Bidang (Kabid), Pemerintahan Desa Dispemdes Kabupaten Subang, Agung Subur ST menyampaikan bahwa dari jumlah peserta tersebut, terdapat 17 Incumbent (petahana) yang ikut berkompetisi, namun hanya 11 yang berhasil mempertahankan posisinya.

“Proses Pilkades serentak telah selesai, sekarang data perolehan suara sudah terkumpul dan dari total 79 Cakades, 17 di antaranya merupakan petahana,” ungkapnya.

Menyinggung kemungkinan sengketa hasil Pilkades, Agung menyatakan bahwa pihaknya memberikan waktu bagi pihak yang merasa dirugikan untuk melaporkan sengketa. Masa sanggah diberikan selama 2×24 jam setelah penetapan SK dari panitia Pilkades.

“Kami membuka ruang untuk pelaporan sengketa, dan waktu yang diberikan adalah 2×24 jam setelah SK Pilkades diterbitkan dan untuk 22 Cakades terpilih akan ditetapkan dan dilantik oleh Penjabat (PJ) Bupati Subang dan proses pelantikan dijadwalkan di atas tanggal 21 Desember, mengingat jabatan Bupati akan habis pada tanggal 19 Desember 2023,” pungkasnya.

Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Subang, Kompol Iwan Setiawan, S.H., menambahkan bahwa pelaksanaan Pilkades serentak 2023 berjalan dengan aman dan kondusif, tidak terdapat adanya insiden kerusuhan atau gangguan keamanan selama proses pemilihan.

“Selama Pilkades berlangsung, tidak ada kericuhan atau keributan dan semuanya berjalan dengan aman dan kondusif,” jelas Kompol Iwan.

Berikut adalah daftar 22 Cakades yang terpilih:

1. Asep Sugianto – Desa Kosar (Incumbent)

2. Saepudin – Desa Kosambi (Incumbent)

3. Ocim – Desa Sidamulya

4. Karta – Desa Gandasari (Incumbent)

5. Sahrudin – Desa Tegal Urung

6. Rosid – Desa Karang Mulya

7. Usman Suhendi – Desa Mayang

8. Andi Nugraha – Desa Gunung Sari

9. Sunarlan – Desa Gambarsari

10. Aminta – Desa Jabong

11. Rohidin – Desa Kasomalang Wetan

12. Asep Solahudin – Desa Tenjolaya

13. Waslim – Desa Batusari

14. Dartim – Desa Sukaraja (Incumbent)

15. Solehudin – Desa Blanakan

16. Casmedi – Desa Ciasem Hilir

17. Ade Rosita – Desa Pamanukan Sebrang (Incumbent)

18. Ade Hermawan – Desa Lengkong Jaya (Incumbent)

19. Asep Anjar – Desa Ciberes

20. Ule Hermawan – Desa Gempol Sari

21. Endang Suhdi – Desa Bunihayu

22. Dedi Ruhendi – Desa Tambakmekar (Incumbent). (Rohman).