Intensitas Hujan Tinggi, 3 RT Di Desa Batangsari Terendam Banjir

Subang,Bacaklik.co.id – Memasuki musim penghujan dan intensitas hujan yang sangat tinggi diawal bulan Desember 2023 ini, sebagian wilayah Desa Batangsari Kecamatan Sukasari Kabupaten Subang, mulai tergenang banjir dan sedikitnya ada 3 Rt dan sebagian pesawahan di Desa Batangsari menjadi langganan banjir lintasan dikala musim hujan datang. Senin, (04/12/23).

Salah seorang warga Desa Batangsari, Sanusi (43) mengatakan bahwa, banjir ini merupakan banjir tahunan yang kerap terjadi dan belum menemukan solusi bahkan tak ada normalisasi.

“Banjir di sini itu kalau bisa dibilang mah ya banjir tahunan dan setiap musim hujan sudah pasti banjir, soalnya kali Kalen Jambar ini dangkal dan belum pernah juga dinormalisasi,” ujarnya.

Selanjutnya, Sanusi juga berharap, pemerintah dapat mengatasi banjir yang melanda daerahnya dan bisa melakukan normalisasi secepatnya demi untuk mengantisipasi atau meminimalisir banjir tersebut.

“Saya harap pemerintah segera adakan normalisasi, terus juga ya gak hanya pemerintah aja warga-warga di sini juga mesti guyub menjaga lingkungan jangan buang sampah sembarangan ke sungai lah kalau bisa,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Batangsari, Tatang S mengatakan bahwa banjir tersebut melanda RT 15, 16, dan 17 terjadi sejak Senin dini hari.

“Betul di desa kami terjadi banjir, banjir ini terjadi hari Senin, sekira pukul 03.00 Wib,” paparnya.

Selanjutnya, Tatang juga menjelaskan bahwa, banjir yang merendam 3 RT dan juga pesawahan ini, akibat kali yang tak mampu menampung debit air serta aliran air di kali tersebut yang memang dipenuhi sampah dan eceng gondok kiriman dari wilayah Desa tetangga yang mengakibatkan sejumlah rumah yang ada di bantaran kali dan sebagian pesawahan terendam.

“Akibat dari semalam hujan deras, terus ada kiriman air yang banyak sampah dan eceng gondok ke hilir dan melintas di Kalen Jambar ini dan hal inilah yang mengakibatkan rumah warga Desa kami terendam,”  jelasnya. (Rohman).